Kenapa Linux Sulit Berkembang Di Tanah Nusantara Indonesia ?



Tulisan ini hanya Opini saya pribadi soal kenapa sistem operasi berlambang pinguin itu sulit berkembang di tanah air tercinta ini.
Padahal jika kita bandingkan soal fitur, jelas Linux OS tak kalah dengan fitur-fitur Windows, Soal kemudahan juga, linux zaman taun 90'an sudah jauh berbeda dengan zaman 2013 ini baik segi interface maupun operasinya. Jika sobat menggunakan OpenSUSE (distro linux yang paling GUI dan userfriendly menurut saya) maka kemudahan linux akan sangat terasa. Soalnya porsi penggunakan command line sudah sangat minim, prosentase hampir 95 % kita hanya perlu melakukan konfigurasi menggunakan YaST.
Jika kita mengukur soal tampilan desktopnya. Duh, linux memiliki Desktop Enviroment yang memiliki perkembangan sangat pesat. Ambil contohlah, Linux memiliki Gnome yang cantik, KDE yang menawan, Xfce yang cepat, Lxde yang ringan Unity yang keren (masa depan DE Unity menurut saya akan gembilang, ditambah lagi Ubuntu melahirkan Ubuntu Phone, dengan Desktop Unity juga) Cinnamon yang banyak dibanggakan pengguna linux dan lain-lain. Linux memiliki DE yang banyak, dan itu semua bisa kita gunakan dalam satu komputer, satu distro linux.
Jika kita bandingkan soal customisasi desktop, Windows ga ada apa-apanya, ini bukan subyektif ya, tapi memang realitanya begitu, Linux bisa kita bongkar pasang dari tingkat kernel (mesin utama Linux) base distro, software utama, software penunjang, desktop enviroment dan lainnya. Ibarat sebuah motor, kita bisa merakit sendiri sesuai dengan kehendak hati dimulai dari kabulator, busi ban dan mesin mesin lainnya (saya ga paham soal nama-nama perangkat motor he...he...) semetara user windows lebih jauh hanya bisa mengedit regedit saja, soal customize desktop Windows bukan bidangnya.
Soal harga, yang ini no comment saya. Linux boleh gratis tapi dengan segala kelebihannya Linux bukan sistem gratisan.
Soal keamanan, ya inilah salah satu sebab mengapa banyak perusahaan besar memilih Linux sebagai sistem desktop dan server mereka, jika kita menggunakan linux jangan tanya soal antivirus ya, he...he... lucu soalnya.
Lalu Windows?
Paling rasional menjawab pertanyaan “Trus Windows punya kelebihan apa donk?” saya coba jawab begini:
1.Kemudahan,dalam ini banyak macamnya:
a. banyak live cd/dvdnya, karena hampir setiap teman yang punya laptop tuntunya juga punya cd/dvd Windows
b. Kemudahan Interface, saya akan jujur jika ditanya soal “lha opensuse (atau distro lain) sama windows gampang mana? Saya jawab Windows, tapi bukan berarti Linux susah karena pertanyaannya “gampang mana”. Artinya membandingkan yang termudah diantara 2 mudah.
2. Software mega banyak, ini tak bisa disangkal oleh siapapun Linux/Mac tidak ada apa-apanya.
3. Marketing, ini yang menurut saya kelebihan telak mengapa Windows itu unggul dan dipakai ratusan umat manusia, beberapa bulan lalu saya baca disebuah berita hanya dalam 2-4 minggu Microsoft sudah laku menjual 40 juta lisensi Windows 8, ini membuktikan windows memiliki marketing yang hebat. Belum lagi jika kita melihat kondisi indonesia, banyak sekali salesman dan persoal promotion ilegal yang menunjukkan betapa indahnya windows, fitur-fitur terbaru dan hebatnya lagi, disertakan pula link download windows gratis, coba bayangkan!
Soal harga user Indonesia tak pernah peduli, toh mereka mendapatkan sistem operasi Windows dengan harga 3 ribu rupiah (harga Dvd kosong) atau bahkan gratis, begitu pula aplikasi-aplikasinya semisal Photoshop, Corel Draw dan Microsoft Office, mereka mendapatkannya juga gratis, Jadi yang dipertaruhakan adalah kemudahan windows dibanding Linux dan banyaknya software dibanding linux, dan sistem apa yang digunakan teman. Toh sama-sama gratis!
4. Psycology, bangsa ini memiliki adat dan psycology yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata dan tulisan (ciye...)
Mengapa Linux Sulit Berkembang Di Tanah Nusantara?
Apa yang menjadi keunggulan Windows sudah otomatis akan menjadi kekurangan Linux, itu jawaban simple saya, tapi dua hal yang paling penting yaitu soal marketing dan software, jika ada yang memiliki pendapat karena komunitas kurang friendly atau kurang dekat dengan pengguna baru saya rasa tidak. Justru komunitas sudah menunjukkan kerja keras yang hebat, dan itupun perlu lebih hebat lagi.
Sekali lagi ini hanya opini pribadi.
Sumber : https://www.facebook.com/groups/ayobelajarlinux/
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
belkomindo
admin
August 6, 2013 at 12:05 PM ×

hhaha,. :>)
kalo menurut ane windows lebih praktis dari pada linux, Nah oleh karena windows lebih banyak di gunakan di indonesia, itulah yang membuat linux sulit berkembang di indonesia,. :d

itu pendapat ane om,. :)
hihihi :))


ehmm,.:D
sebelum nya,
Nice post bang broo,.
Lanjutak !!!

Reply
avatar
Alif Abhiesa
admin
August 25, 2013 at 7:28 PM ×

Pepatah Mengatakan Windows Dengan Segala kemudahannya Dan Linux Dengan Segala Kelebihannya bang broo :)
Tapi Kalo Menurut ane Linux 2013 ini yang sudah GUI itu hapir sama kemudahannya dengan windows, yang berbeda mungkin hanya paket tools nya yang dalam bentuk .deb bukan exe, tapi file exe pun kan bisa di buka di Linux menggunakan Wine, walau tidak semua bisa :)

Reply
avatar
November 28, 2013 at 9:03 PM ×

mau belajar linux om, ajarin :D
http://sahabatumar.blogspot.com/2013/11/kisah-sukses-osn-pertamina-2013.html

Reply
avatar
Thanks for your comment