Konfigurasi Grub2 Linux Lengkap

Grub2 Keren

Konfigurasi Grub2 Linux Lengkap. Tutorial ini memaparkan cara konfigurasi Grub2 secara lengkap dari mulai mengedit menu grub hingga mengubah gambar flash grub anda. Sebelum anda melanjutkan tutorial ini saya sarankan anda untuk membuat bootable linux sesuai distro yang anda gunakan untuk mencegah jika terjadi kesalahan dalam konfigurasi anda bisa langsung merepair grub. Salah satu fitur penting dalam GRUB 2 adalah fleksibilitas, GRUB mengerti filesystem dan format kernel, sehingga Anda dapat memuat sistem operasi seperti yang Anda suka. Dengan demikian Anda dapat memuat kernel hanya dengan menentukan nama file, drive dan partisi mana kernel atau sistem operasi berada. File konfigurasi GRUB memiliki nama baru ('grub.cfg' daripada 'menu.lst' atau 'grub.conf'), sintaks baru dan banyak perintah baru. Konfigurasi tidak dapat ditransfer secara langsung, meskipun sebagian besar pengguna GRUB Legacy tidak harus mencari sintaks terlalu sulit. File "grub.cfg" secara otomatis dihasilkan oleh perintah:

grub-mkconfig

Dimulai dengan file utama GRUB "/boot/grub/grub.cfg" . File ini secara otomatis dihasilkan. Anda dapat menggunakan editor untuk mengedit file. Silahkan lihat pada gambar di bawah ini.


Konfigurasi Grub2 Linux Lengkap

File yang akan diedit ada dua, yaitu :
/etc/default/grub untuk mengubah pilihan menu boot. /etc/grub.d untuk mengedit file script yang menciptakan "grub.cfg" .
Untuk mulai mengedit pilihan menu boot ketikkan command berikut:

gksu gedit /etc/default/grub

Script yang di ubah adalah:

GRUB_DEFAULT=0 
#GRUB_HIDDEN_TIMEOUT=0 
GRUB_HIDDEN_TIMEOUT_QUIET=true 
GRUB_TIMEOUT=-1 
GRUB_DISTRIBUTOR=`lsb_release -i -s 2> / dev / null || gema Debian` 
GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT = "quiet splash" 

GRUB_CMDLINE_LINUX = ""

Keterangan :

GRUB_DEFAULT = Masuknya menu default. Dalam hal ini mengidentifikasi entry masuk dalam menu yang dihasilkan dihitung dari nol, atau judul entri menu, atau string khusus "diselamatkan". Menggunakan judul mungkin berguna jika Anda ingin mengatur entri menu sebagai default meskipun mungkin ada sejumlah variabel entri.

GRUB_HIDDEN_TIMEOUT = Boot entri default, lama waktu (detik) setelah menu ditampilkan, kecuali tombol ditekan. Defaultnya adalah "5". Set "0" untuk boot langsung tanpa menampilkan menu, atau "-1" untuk menunggu tanpa batas waktu.

GRUB_HIDDEN_TIMEOUT_QUITE = Akan menampilkan penghitung waktu mundur jika diatur ke false, jika diatur ke true hanya akan menampilkan layar kosong semua sebelum menampilkan menu GRUB yang sebenarnya.

GRUB_TIMEOUT = ini adalah jumlah detik GRUB akan menampilkan menu sebelum booting pilihan default. Setting ke "0" akan boot pilihan default langsung tanpa menampilkan menu. Sedangkan pengaturan untuk "-1" akan tahan menu sampai pengguna memilih pilihan.

GRUB_DISTRIBUTOR = lsb_release -i -s 2> / dev / null || echo Debian Baris ini hanya mengambil nama dalam entri menu.

GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT = "quiet splash"  Hapus "quite" di sini akan menampilkan output teks saat boot, sedangkan menghapus "splash" akan menampilkan layar hitam bukan gambar.

Anda dapat mengganti gambar splash Anda sendiri dengan menambahkan ke /boot/grub/ direktori

sudo cp splash1.jpg /boot/grub/

Ini adalah apa yang dapat Anda lakukan dengan /etc default/grub. Sekarang jika Anda ingin menambahkan entri menu boot Anda sendiri ini adalah di mana Anda akan dapat melakukannya. Ketik command seperti yang ada di gambar.


Konfigurasi Grub2 Linux Lengkap

Sekarang, Anda akan harus menggunakan file 40_custom untuk menulis entri menu Anda sendiri.

gksu gedit 40_custom


Konfigurasi Grub2 Linux Lengkap

Untuk membuat file executable Anda harus mengubah izin file. Untuk mengubah penggunaan izin ketikkan command :

sudo chmod + x /etc/grub.d/40_custom

Sekarang untuk menerapkan semua pengaturan dan perubahan yang Anda akan harus memperbarui GRUB.

sudo update-grub

Restart sistem anda dan checkout perubahan sendiri.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Admiral Bee
admin
January 12, 2017 at 12:12 PM ×

Terimakasih sudah berbagi ilmunya sangat membantu sekali.
lihat juga artikel seputar linux : Linux Gunadarma

Congrats bro Admiral Bee you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment