Konfigurasi Startup Applications

Konfigurasi Startup Applications. Setiap login atau boot, OS melakukan start-up bacground proses untuk menjalankan beberapa aplikasi sehingga OS dapat di gunakan. Kustomisasi di Linux OS seperti Ubuntu dapat dilakukan dengan sangat mudah, yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan sejumlah "costum" tugas atau program untuk sistem yang akan dilakukan setiap kali user log in atau boot up OS.
Kita bisa memilih sejumlah tugas yang harus otomatis setiap OS boot up, sehingga mengurangi pekerjaan berulang-ulang. Tugas-tugas yang dapat di lakukan otomatis termasuk menjalankan program tertentu. Untuk menjalankan aplikasi seperti web browser dengan website home page yang telah ditetapkan. Atau dapat mengotomatisasi program pengendalian sistem yang harus dijalankan selama setiap bootup atau bahkan login. Ubuntu memungkinkan kita untuk melakukan semacam ini secara otomatisasi dengan cara yang sangat sederhana, dengan menyediakan perangkat lunak berbasis GUI yang disebut "Startup Applications". Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka Startup Aplications. Untuk melakukannya, di menu ketikkan saja Startup Aplictions dan buka, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:

Konfigurasi Startup Applications

Maka Aplikasi Startup akan terbuka. Ini akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Perhatikan bahwa Anda mungkin memiliki list Aplication startup yang berbeda dengan pc lain, dikarenakan aplikasi yang memang sudah terinstall maupun hardwarenya:

Konfigurasi Startup Applications

Setelah ini terbuka, kita bisa mulai dengan menambahkan daftar aplikasi yang akan di jalankan setiap kali boot. Artikel ini akan menunjukkan beberapa contoh, tetapi banyak hal-hal lain yang penting bagi Anda yang dapat ditambahkan dengan cara yang sama. Sebagai contoh, saya aktif di social media  "facebook". Untuk membuka situs ini setiap saat, klik pada tombol add di sisi kanan atas tampilan aplikasi Startup.
Kotak dialog lain akan terbuka. Pada jendela baru, ketik berikut di bidang perintah:

Firefox "https://www.facebook.com"

Isi nama juga dan menggunakan kolom komentar untuk menjelaskan tugas baru Anda. Contoh ditunjukkan pada gambar di bawah. Setelah selesai, klik pada tombol "Add" dan Anda akan melihat entri baru dengan nama sesuai yang anda tentukan.
Dengan cara ini, browser dapat dibuka secara otomatis dengan website atau permintaan pencarian. Sebagai contoh, jika hal pertama yang Anda lakukan adalah melihat artikel linux, maka Anda dapat mengklik "Add" dan masukkan perintah untuk pergi langsung ke situs web Tutorial Linux. Contoh:

Firefox "noobsgnu"

Menjalankan system management functions otomatis

Fungsi atau program manajemen sistem tertentu perlu memulai setiap kali pengguna log in. Pertimbangkan situasi sistem overheating yang dialami oleh banyak pengguna Ubuntu. Dalam hal ini, sebagian besar pengguna menginstal perangkat lunak yang disebut "TLP". Dan dalam banyak kasus, TLP tidak selalu terpasang di system start up. Aplikasi Startup dapat digunakan untuk menjalankan secara otomatis, dengan mengikuti langkah-langkah yang sama. Jadi, klik pada tombol "Add" dan menggunakan perintah berikut di kolom command:

sudo tlp start

Untuk name dan kolom comment, lihat gambar di bawah ini:

Konfigurasi Startup Applications

Menjalankan system monitoring otomatis

Berbeda dengan contoh pertama, ini contoh TLP, program ini dimulai background dan tidak terlihat oleh pengguna. Jadi dengan cara ini, pengguna dapat memulai berbagai proses yang berhubungan dengan fungsi-fungsi manajemen sistem secara otomatis.
Program monitoring sistem adalah mereka yang memantau dan melaporkan berbagai fungsi dari sistem. Sebuah contoh dapat menjadi program untuk memantau konsumsi bandwidth broadband atau program khusus yang ditulis oleh Anda untuk memonitor fitur sistem seperti panas cpu, dll. Ini juga memiliki prosedur yang sama seperti dua prosedur di atas. Jadi, klik pada tombol "Add" dari Aplikasi Startup dan masukkan perintah untuk menjalankannya. Contohnya program untuk memantau frekuensi CPU dan scaling tool.

Konfigurasi Startup Applications

Mengedit Dan Menghapus daftar aplikasi di startup aplications

Akan ada saat-saat ketika tugas otomatis mungkin tidak lagi diperlukan atau Anda mungkin ingin mengubah situs web yang dimuat. Mungkin ada situasi ketika Anda telah menginstal sebuah program yang secara otomatis dimulai dengan sendirinya dan yang masuk kemudian dapat ditemukan dalam list aplications startup. Bahkan yang dapat dihapus atau diedit.
Untuk mengedit tugas, cukup pilih tugas yang akan diedit dan klik pada tombol "Edit" di sisi kanan jendela aplikasi Startup. Lakukan perubahan di jendela yang terbuka.
Untuk menghapus tugas, pilih tugas yang akan dihapus dan klik pada tombol "Remove". Harap dicatat bahwa beberapa tugas diedit atau dihapus mungkin memerlukan reboot untuk menerapkan perubahan.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Ainur93
admin
February 3, 2015 at 5:51 PM ×

ijin terster gan

Congrats bro Ainur93 you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment