OS Linux Gaming SteamOS

OS Linux Gaming SteamOS. Untuk sobat NoobsGNU barang kali bosan mendengar linux yang lagi lagi tentang server atau cloud maupun coding, ini untuk sobat yang ingin sesekali merasakan linux gaming produk Valve Corporation. SteamOS adalah sistem operasi berbasis Debian Linux. di bangun oleh Valve Corporation dan dirancang untuk menjadi sistem operasi utama untuk Steam Machine / OS Game. Pada awalnya dirilis pada tanggal 13 Desember 2013, di samping awal pengujian beta pengguna final Steam Machine.
SteamOS dirancang terutama untuk bermain game. Pengguna akan dapat melakukan streaming game dari komputer Windows atau Mac mereka. Valve mengklaim bahwa mereka telah "mencapai peningkatan kinerja yang signifikan dalam pengolahan grafis "melalui SteamOS. Sistem operasi open source, sehingga siapapun dapan membangun atau memodifikasi OS ini.

Karena SteamOS dirancang untuk bermain game, tidak memiliki banyak fungsi built-in di luar web browser dan bermain game; misalnya, tidak ada file manager atau penampil gambar terinstal secara default. Pengguna dapat mengakses GNOME desktop environment dan melakukan hal hal lain seperti menginstal perangkat lunak lain. SteamOS sudah support Nvidia, Intel, dan AMD prosesor grafis.

Valve menyatakan bahwa mereka berencana untuk menambahkan dukungan untuk film, televisi, dan fungsi musik sebelum rilis konsumen SteamOS.

Spesifikasi perangkat keras sistem saat ini untuk SteamOS meliputi:


1. Intel atau AMD 64-bit prosesor mampu
2. 4 GB (atau lebih) RAM
3. 500 GB atau lebih besar hard disk
4. NVIDIA , Intel , atau AMD kartu grafis ( Radeon 8500 atau lebih baru)
5. Port USB untuk instalasi
6. UEFI booting untuk instalasi

Berikut adalah tampilan desktop SteamOS :


Pada Desember 2013, Phoronix membandingkan tiga Nvidia kartu grafis pada SteamOS dan Windows 8.1. Secara keseluruhan, Linux driver grafis Nvidia dapat memberikan kinerja yang sebanding dengan driver Windows.

Pada bulan Januari 2014, GameSpot membandingkan kinerja untuk game yang berjalan pada Windows menggunakan hardware identik dan pengaturan dengan kartu grafis AMD dan kartu grafis Nvidia. Pada kartu grafis AMD, mereka menemukan bahwa Dota 2 , Left 4 Dead 2 dan Metro: Last Light semua berjalan jauh lebih sedikit frame per detik di bawah SteamOS. Left 4 Dead 2 juga tampak lag. Pada Nvidia kartu grafis Metro: Last Light, frame sedikit lebih tinggi per detik, dan Dota 2 berjalan dengan kecepatan yang sama. Mereka menyatakan bahwa untuk Left 4 Dead 2 kartu Nvidia benar-benar melakukan lebih baik di bawah SteamOS. Pada kedua kartu, Left 4 Dead 2 dan Dota 2 keduanya memiliki beban dua kali lebih lama dibandingkan dengan Windows.
Sekian Tutorial Linux - OS Linux Gaming SteamOS
Previous
Next Post »
Thanks for your comment